ini bukan facebook

Jiwa Online
Pemilik Blog: Ampuan Awang  Berkhidmat dalam: Kerajaan Malaysia (Tukang Kebun). Mana tinggal? Di Kepala Batu, Antartika Edit Profile
  Post To:
anyone or anywhere  

Bahasa Adalah Jiwa Bangsa

Mendiknas: Bahasa adalah Jiwa Bangsa Okezone dot com

JAKARTA - Bahasa tidaklah statis, karena itu bahasa harus dikembangkan.

"Pengembangan bahasa dibutuhkan, karena bahasa bukan sekadar alat komunikasi tetapi ekspresi dari budaya yang menjadi jiwa tiap bangsa," tutur Mendiknas M Nuh di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (27/10/2010).

Tugas pengembangan bahasa diserahkan kepada Pusat Bahasa. Lembaga di bawah naungan Kemdiknas ini tahun depan akan berubah status menjadi Badan Pengembangan Bahasa. "Perubahan ini merupakan realisasi dari amanat UU nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan," imbuh Nuh.

Tiap tahun, Pusat Bahasa melaksanakan gebyar Bulan Bahasa. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober. Gebyar Bulan Bahasa berisi berbagai lomba tentang kebahasaan di antaranya lomba penulisan naskah cerpen dan drama, lomba musikalisasi puisi, lomba cerdas cermat kebahasaan, bengkel sastra, serta lomba kemampuan berbahasa Indonesia untuk peserta bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). Puncak peringatan bulan bahasa akan dilangsungkan Kamis, 28 Oktober, besok dengan memberi anugerah kepada para pemenang lomba.(rhs)

P/S: Alangkah baiknya kata-kata di atas ini ditutur oleh Menteri Pendidikan negara kita. Malangnya ini tidak berlaku; yang berlaku sebaliknya.

0 comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
      faceblog © 2013 · re-designed by J. KingRaja           About · Advertising · Create a Page · Developers · Careers · Privacy · Terms · Faceblog Creator · Back to Top