ini bukan facebook

Jiwa Online
Pemilik Blog: Ampuan Awang  Berkhidmat dalam: Kerajaan Malaysia (Tukang Kebun). Mana tinggal? Di Kepala Batu, Antartika Edit Profile
  Post To:
anyone or anywhere  

Ketika Jurnalisme (Penulisan) Dibungkam, Siapa Yang Perlu Bersuara?

++Nota: Walang rasa di hati kerana dibungkam? Apa yang perlu turun seandainya Jurnalisme (Media massa) dicengkam, digenggam oleh perkataan yang bernama 'POLITIK'? Ini dia jawabnya (sama seperti entri terdahulu bab Sastera Sabah Sudah Mati?):

“Ketika Jurnalisme dibungkam, sastra harus bicara. Karena bila Jurnalisme bicara dengan fakta, sastra bicara dengan kebenaran. Fakta-fakta bisa diembargo, dimanipulasi, atau ditutup dengan tinta hitam, tapi kebenaran muncul dengan sendirinya, seperti kenyataan. Jurnalisme terikat oleh seribu satu kendala, dari bisnis sampai politik, untuk menghadirkan dirinya, namun kendala sastra hanyalah kejujurannya sendiri. Buku sastra bisa dibredel, tapi kebenaran dan kesusastraan menyatu bersama udara, tak tergugat dan tertahankan. Menutupi fakta adalah tindakan politik, menutupi kebenaran adalah tindakan paling bodoh yang bisa dilakukan manusia di muka bumi!"

(Seno Gumira Ajidarma, 2005:4)

++ Persoalannya: Kita di mana berada ketika ini? Sila jawab dengan tenang dan teliti (jawab sahaja di dalam hati sudah memadai).

0 comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
      faceblog © 2013 · re-designed by J. KingRaja           About · Advertising · Create a Page · Developers · Careers · Privacy · Terms · Faceblog Creator · Back to Top